Tips Memperlakukan gangguan yang berpotensi berbahaya

Di Gaya hidup, Hidup Sehat

4-cara-memperlakukan-takikardia

Cara Memperlakukan Takikardia-Takikardia adalah gangguan yang berpotensi berbahaya, di mana denyut jantung berakselerasi hingga melebihi 100 denyut per menit saat istirahat. [1] Hal ini dapat mempengaruhi ruang jantung atas (atria), ruang bawah (ventrikel) atau keduanya. Serangan tachycardia mungkin merupakan episode sesekali, yang tidak menyebabkan gejala atau komplikasi, atau sering terjadi dan dalam hal ini dapat menjadi indikator penyakit sistemik atau kelainan fungsi jantung. Takikardia kronis meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Pengobatan rumah dan beberapa strategi dapat membantu Anda mengurangi detak jantung Anda ketika jantung mulai “berjalan”, meskipun penggunaan obat sering diperlukan dalam kasus takikardia kronis.

Tips Memperlakukan gangguan yang berpotensi berbahaya

1. Hentikan aktivitas yang Anda lakukan dan istirahat selama beberapa menit

Kebanyakan orang mengalami beberapa episode takikardia pada kesempatan langka, sering karena stres yang sangat tinggi atau serangan panik atau kecemasan mendadak. [2] Jika Anda pikir ini adalah alasan untuk masalah Anda, hentikan apa yang Anda lakukan dan istirahat selama 5 atau 10 menit. Ini bisa berarti berhenti menonton film horor, menjauh dari situasi yang sangat menegangkan (diskusi atau pertengkaran) atau mengalihkan perhatian Anda dari beberapa kekhawatiran keuangan. Beristirahat, rileks, dan menarik napas dalam-dalam dapat membantu Anda mengurangi detak jantung secara alami.

  • Denyut jantung istirahat normal dapat bervariasi di antara orang-orang, tetapi umumnya antara 60 dan 100 denyut per menit. [3] Jika Anda melebihi 100 pulsasi saat Anda beristirahat, Anda berada di ambang serangan takikardia.
  • Kondisi ini tidak selalu menyebabkan gejala, tetapi ketika yang utama dimanifestasikan itu adalah sensasi detak jantung yang cepat atau palpitasi di dada. [4] Gejala lain mungkin termasuk sesak napas, pusing, pusing, pingsan, dan nyeri dada.

2. Cobalah beberapa teknik relaksasi

Karena stres dan kecemasan merupakan pemicu takikardia dan hiperventilasi yang umum, Anda dapat mencoba mencegahnya dengan mengelola cara Anda bereaksi dan mengatasi situasi yang tegang secara emosional. [5] Beberapa teknik untuk meredakan ketegangan, seperti yoga , Tai Chi , pernapasan dalam , visualisasi dan meditasi , dapat meningkatkan relaksasi dan meningkatkan kesehatan emosional. [6] Dapatkan informasi di pusat kebugaran setempat, pusat budaya kota atau pusat kesehatan jika Anda dapat mengambil kursus untuk menghilangkan stres.

  • Cobalah untuk membatasi ketegangan emosional dalam hidup dengan melakukan perubahan positif – bebas dari hubungan yang kasar , mengubah pekerjaan , menghabiskan lebih sedikit waktu di perusahaan orang-orang negatif. Mengawasi pikiran yang membuat Anda khawatir tentang pekerjaan, keuangan dan kehidupan pernikahan.
  • Ketika stres dan kecemasan berlebih, tubuh melepaskan hormon untuk mempersiapkan reaksi “melawan atau menjalankan” , yang meningkatkan detak jantung dan pernapasan.
  • Jangan lupa untuk menjamin jumlah tidur nyenyak yang cukup – setidaknya 8 jam semalam, meskipun beberapa orang harus tidur hingga 11 jam untuk menjadi lebih baik. Kurang tidur yang kronis dapat menyebabkan kecemasan dan jantung berdebar.

3. Terapkan stimulasi vagal

Manuver ini hanya terdiri dari beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan dengan tubuh untuk bertindak pada saraf vagus, pengatur utama detak jantung. [7] Ada beberapa metode untuk merangsangnya, termasuk manuver Valsava, menginduksi refleks menyelam dan membuat batuk berulang. Teknik sederhana ini harus dipraktekkan segera setelah Anda menyadari Anda memiliki episode takikardia, karena mereka dapat memperlambat detak jantung dalam beberapa detik jika dilakukan dengan benar. Minta dokter untuk menunjukkannya kepada Anda.

  • Manuver Valsalva terdiri dari menahan nafas dan mendorong ke bawah, seolah-olah Anda harus buang air besar, selama sekitar 10-15 detik. Ini adalah prosedur yang sederhana, tetapi dapat mengubah irama impuls listrik jantung dan menyebabkan jantung kembali normal.
  • Mereka semua memiliki refleksi perendaman, yang diaktifkan ketika Anda menyelam ke dalam air dingin – tubuh secara otomatis memperlambat denyut jantung untuk mengurangi aliran darah untuk bertahan hidup. Untuk menginduksi refleks ini, taruh air yang sangat dingin atau kompres es di wajah Anda selama setidaknya 30 detik.
  • Juga cobalah batuk dengan penuh semangat. [8]

4. Hindari zat dan kebiasaan yang dapat memicu takikardia

Ada beberapa zat yang merangsang gangguan ini, termasuk alkohol, kafein, nikotin, beberapa obat (seperti kokain) dan bahkan over-the-counter tertentu (terutama untuk batuk dan pilek). [9] Oleh karena itu, jika Anda menderita episode detak jantung yang cepat secara berkala, Anda harus berhenti merokok, serta minum minuman beralkohol dan kafein.

  • Kafein hadir dalam kopi, teh hitam dan hijau, beberapa minuman (terutama yang memiliki rasa cola), minuman energi dan cokelat. Perlu diingat bahwa zat ini tidak memberikan energi, tetapi merangsang aktivitas otak, meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah.
  • Nikotin yang diperkenalkan dengan rokok dapat mempercepat detak jantung saat istirahat hingga 15 denyut per menit dan meningkatkan tekanan darah hingga 10 mmHg. [10]
  • Untuk melebih-lebihkan dengan minuman beralkohol (seperti yang bisa terjadi selama akhir pekan, misalnya) sering meningkatkan detak jantung, sementara alkoholisme kronis cenderung menyebabkan fluktuasi (dari ketukan terlalu cepat ke berlebihan). [11]
  • Takikardia lebih umum pada orang-orang muda yang cemas, terutama di kalangan wanita yang banyak minum kopi, alkohol, dan banyak merokok. [12]

Tags: #gaya hidup #kesehatan #tips sehat

author
Penulis: 
    5 Tips Wajah Cantik Dan Sehat Secara Alami
    5 Tips Wajah Cantik Dan Sehat Secara Alami
    Tips menghaluskan wajah-Melangsingkan bagian tubuh tertentu sayangnya
    6 Tips Memiliki tangan Cantik Dan Sehat
    6 Tips Memiliki tangan Cantik Dan Sehat
    Tips Memiliki tangan Cantik Dan Sehat-Tangan selalu
    Tips Agar tetap Seger ketika Cuacanya Panas
    Tips Agar tetap Seger ketika Cuacanya Panas
    Tips Agar tetap Seger ketika Cuacanya Panas-Menjadi
    Tips tetap Segar selama kemarau
    Tips tetap Segar selama kemarau
    Tips tetap Segar selama kemarau-Bosan berkeringat tanpa

    Tinggalkan pesan "Tips Memperlakukan gangguan yang berpotensi berbahaya"


    Top